WELCOME TO BIOLOGY IS MINE - BY DOELAH

Senin, 06 September 2010

Kromosom

Kromosom adalah struktur di dalam sel yang berupa deret panjang molekul yang terdiri dari satu molekul DNA dan berbagai protein yang merupakan informasi genetik suatu organisme. Kromosom yang berada pada inti sel eukariota disebut kromatin. Kata kromosom berasal dari bahasa Yunani chroma artinya warna dan soma artinya badan.


Pada eukariota, DNA yang tidak terkondensasi berada dalam struktur order-quasi dalam nukleus, di mana ia membungkus histon dan di mana material ini disebut kromatin. Prokariota tidak memiliki histon atau nukleus. Dalam keadaan santainya, DNA dapat diakses untuk transkripsi, regulasi dan replikasi.


Setiap kromosom memiliki dua lengan, yang pendek disebut p(dari Bahasa Perancis petit artinya pendek) dan yang panjang disebut q(mengikuti p).


Kromosom pertama kali diamati oleh Karl Wilhelm von Nageli pada tahun 1842 dan ciri-cirinya dijelaskan secara detail oleh Walther Flemming pada tahun 1882. Prinsip-prinsip genetika merupakan pemikiran dari Gregor Mendel pada tahun 1865. Walter Sutton dan Theodor Boveri menarik kesimpulan bahwa kromosom merupakan pembawa gen, hasilnya dikenal sebagai teori Sutton-Boveri atau hipotesis Sutton-Boveri atau tori hereditas kromosom. Pada 1910, Thomas Hunt Morgan membuktikan bahwa kromosom merupakan pembawa gen.



Related Post



Tidak ada komentar:

Posting Komentar